Tips Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula

Di Indonesia, banyak orang-orang yang mempunyai kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Kehadiran kendaraan pribadi di Tanah Air seakan telah tidak dapat dipisahkan lagi. Mobil diambil banyaknya orang lantaran lebih praktis. Diluar itu jenis yang ditawarkan juga bermacam, hingga customer dapat sesuaikan dengan kebutuhannya. 

Diliat dari system perpindahan gigi, mobil terdiri jadi dua yakni mobil bertransmisi manual serta automatis. Ke-2 type transmisi ini mempunyai keunggulan serta kekurangan semasing. Sekarang ini mulai banyak orang-orang yang tertarik untuk pilih mobil dengan system perpindahan gigi automatis. Transmisi ini dinilai pas untuk keadaan jalan raya perkotaan yang erat hubungannya dengan kemacetan. 

Bila Anda terlebih dulu adalah pengemudi mobil manual serta menginginkan berpindah ke transmisi automatis, ada banyak hal yang pantas di perhatikan. Peralihan dari transmisi manual ke automatis tak semudah apa yang kita sangka. Sebab transmisi matic tak sekedar hanya mencapai pedal gas serta rem. Perihal ini pula yang sering kali diabaikan oleh beberapa pengemudi. 

Walau sebenarnya telah banyak masalah kecelakaan yang berlangsung akibat pengemudi tak memahami benar tentang transmisi automatis pada mobil. Masalah yang seringkali berlangsung yaitu pengemudi cemas saat kaki salah mencapai pedal. Bukannya mencapai pedal rem, tetapi malah pedal gas yang diinjak. Oleh karenanya utama untuk pengemudi, terlebih pengemudi yang pemula dengan mobil matic untuk mengerti lebih dahulu sekitar transmisi matic. 

Sesungguhnya belajar mobil matic semakin lebih cepat apabila dibanding dengan mobil manual. Argumennya pengemudi tak perlu memindahkan gigi dengan cara manual serta tak perlu mengatur kopling untuk tiap-tiap perpindahan gigi. Pengemudi harus juga menghafal empat huruf yang ada pada transmisi automatis, yaitu P, R, N serta D yang digunakan untuk jalan maju, mundur serta parkir. 

Lantas bagaimana caranya mengemudi mobil matic untuk pemula? Tersebut disini sebagian panduan yang dapat Anda tekuni, seperti diambil dari laman Oto : 

Mengerti transmisi otomatis 

Hal yang pantas Anda kerjakan sebelumnya mulai mengemudikan mobil matic yaitu pelajari mengenai transmisi automatis pada umumnya. Hal semacam ini dapat Anda kerjakan dengan lihat buku manual atau mencari rujukan di internet. 

Butuh Anda tulis, mobil bertransmisi automatis cuma memiliki dua pedal, yaitu pedal gas serta pedal rem yang memiliki bentuk lebih lebar dari pedal rem mobil manual. Selain itu ada tuas transmisi yang letaknya sama juga dengan tuas transmisi manual. Ada juga hand brake yang sama persis dengan yang ada pada mobil manual. 

Bentuk tuas transmisi automatis dapat tidak sama. Ada yang type satu baris dengan tombol di ujung tuas untuk memindahkan gigi serta ada yang jenis Gate tipe dengan jalur berkelok. Walau tidak sama, pada intinya transmisi ini tetaplah mempunyai huruf P, R, N serta D. 

Mengemudi Mobil Matic

Huruf P artinya Parking, dipakai untuk parkir serta ke empat roda terkunci tanpa ada butuh menarik hand brake. Sedang R bermakna Reverse atau mundur yang berperan untuk memundurkan mobil. Selanjutnya yaitu huruf N yang artinya Neutral, sama dengan pada transmisi manual di mana gigi dalam keadaan bebas. Serta yang paling akhir yaitu huruf D yang bermakna Drive untuk keadaan bergerak maju. 

Empat huruf diatas senantiasa ada di tuas transmisi automatis type konvensional, CVT serta dual-clutch. Tetapi ada sedikit ketidaksamaan pada transmisi Auto Gear Shift (AGS) punya Suzuki Karimun Wagon R. Anda tak menjumpai posisi P lantaran transmisi itu pada intinya adalah transmisi manual dengan perpindahan robotized. Untuk sebagian mobil ada kode sendiri dibawah posisi D untuk memberikan indikasi gear yang dibutuhkan. 

Umpamanya tuas transmisi Toyota Calya serta Daihatsu Sigra. Untuk posisi Drive ada huruf D4 yang tujuannya yaitu angka jumlah gear ada yakni 4 gigi. Pada model ini gear selalu bertambah dari gear 1 – 2 – 3 – 4 dengan cara automatis. Lantas di bawahnya ada angka 3 yang bermakna transmisi cuma bakal meraih gear 3 saja. 

Posisi itu bakal bermanfaat saat pengemudi melewati jalanan menanjak panjang yang perlu gear rendah untuk menguber torsi. Diluar itu dapat pula untuk engine brake. Sedang paling bawah yaitu angka 2 yang bermakna gear cuma bakal ada di posisi gear 1 serta 2. Posisi ini digunakan saat mobil melalui jalur yang lebih curam serta demikian halnya demikian sebaliknya. 

Lalu kapan kita mesti memakai posisi 3 serta 2? Tentang hal semacam ini, sesungguhnya tak ada bedanya dengan mekanisme transmisi manual. Saat tengah mengemudi di gigi 4 lantas jalanan mulai menanjak, hal itu bakal bikin torsi jadi turun bila pengemudi tetaplah memaksakan menggunakan gear itu. 

Supaya torsi tetaplah ada untuk menanjak, jadi pengemudi mesti turunkan gear ke posisi 3 atau 2. Hal ini dapat berlaku pada mobil matic. Tetapi lebih simpel dengan cuma memindahkan tuas transmisi tanpa ada butuh mencapai kopling lagi.  

Transmisi automatis Honda Mobilio juga tidak sama lantaran mempunyai huruf P, R, N, D, S serta L. hal semacam ini karena jenis transmisinya adalah Continuous Variable Transmission (CVT) yang pada intinya tak mempunyai gigi. Huruf S memberikan indikasi Sport atau Slow yang artinya transmisi ada di rentang rasio yang lebih lebar sampai putaran mesin lebih tinggi. 

Posisi itu bermanfaat untuk melahap jalanan menanjak, turunan atau mendahului kendaraan di depan. Sedang huruf L atau Low seperti di gear 1 saja untuk keadaan menanjak atau engine brake. 

Lain ceritanya dengan Suzuki Ertiga yang diperlengkapi tombol overdrive seperti mobil matic di th. 80 serta 90-an. Jika overdrive dalam keadaan aktif, posisi D bakal beroperasi dari gear 1 hingga 4 dengan cara normal. Jika overdrive tak aktif, jadi gear bakal hingga posisi 3 saja, sama dengan posisi 3 pada Calya-Sigra maupun Agya-Ayla. 

Bagian mengemudi mobil matic 

Untuk mengemudikan mobil matic, pertama-tama yakinkan kalau hand brake aktif serta tuas transmisi ada di posisi P. Sebab sebagian mobil tidak bisa dihidupkan bila tuas tak ada di posisi P. Lantas hidupkan mesin serta injak pedal dengan kaki kanan saat memindahkan tuas transmisi, diikuti melepas rem tangan. Pindahkan ke posisi D serta dilanjutkan melepas injakan pedal rem, mobil bakal segera jalan. Umumnya Anda bakal rasakan sedikit sentakan saat memindahkan ke posisi D. 

Sesudah mulai jalan, langkah selanjutnya yaitu sama dengan mobil manual, injak pedal gas untuk akselerasi serta injak pedal rem untuk deselerasi. Jika Anda berhenti di lampu merah atau di dalam kemacetan, pindahkan tuas transmisi ke posisi Neutral. Janganlah dibiarkan bertahan di posisi D. Sebab kopling serta gear selalu menyatu yang bakal mengakibatkan kopling cepat aus serta panas. Cukup di N saja serta tarik rem tangan, dan tak perlu memindahkan ke posisi P tiap-tiap berhenti. 

Tips Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula

Yang butuh dicatat 

Meskipun kaki kiri tak dibebani dengan pekerjaan mencapai kopling, bukanlah bermakna Anda dibolehkan mencapai pedal rem dengan kaki kiri. Hal semacam ini tak bisa Anda kerjakan lantaran instruktur mengemudi dimana juga setuju kalau mencapai rem dengan kaki kiri malah begitu beresiko. Hal semacam ini pasti ada argumen yang kuat. 

Formasi kaki kanan di pedal gas serta kaki kiri di rem dapat menyebabkan kebingungan bila berlangsung kondisi darurat. Pengemudi yang umum memakai mobil manual menggunakan kaki kiri untuk mencapai pedal kopling. Oleh karena itu, supaya pengemudi tak salah, janganlah mencapai pedal rem mobil matic dengan kaki kiri. 

Diluar itu tenaga kaki kiri serta kaki kanan tidak sama. Sepintas memanglah tampak lebih praktis lantaran tak perlu memindahkan kaki kanan dari pedal gas ke pedal rem. Walau demikian rasa injakan tidak sama pada kopling serta rem bakal mengakibatkan mobil berhenti mendadak. Hal semacam ini pasti dapat menyebabkan persoalan yang serius. 

Mengerem dengan kaki kiri cuma dapat dikerjakan oleh pembalap profesional serta umumnya dikerjakan cuma di lintasan balap. Tehnik itu di kenal dengan arti heel-and-toe yang berperan untuk melindungi putaran mesin sembari mengerem, 

Hal-hal lain yang butuh Anda ingat yaitu saat akan parkir paralel. Ada asumsi yang mengedar kalau mobil matic parkir tak dapat dinetralkan. Walau demikian hal itu yaitu salah. Semuanya mobil matic bisa dinetralkan serta bisa didorong jika diperlukan. 

Pada tuas transmisi matik modern ada satu manfaat yang sering dilupakan. Memiliki bentuk seperti tombol atau berbentuk lubang bernama Shift Lock. Manfaatnya yaitu untuk memindahkan tuas transmisi dari posisi P ke posisi N saat mesin mati. 

Butuh dicatat, mobil keluaran baru mesti ada di P dulu supaya mesin dapat mati serta mencabut kunci. Oleh karenanya saat mematikan mesin, cabut kunci serta tekan tombol Shift Lock serta kunci tuas bakal terlepas untuk dipindahkan ke N. Tetapi janganlah aktifkan rem tangan saat parkir paralel. 

Sekian yaitu langkah menyetir mobil matic yang dapat Anda lakukan. Mudah-mudahan info yang tersaji diatas berguna. Jadilah pengemudi yang santun serta memprioritaskan keselamatan. Berlatihlah ditempat yang aman supaya tak mengganggu pemakai jalan lain serta tak membahayakan sendiri.

Anda juga membaca informasi menarik mengenai Harga Mobil Toyota Calya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mendeteksi IC Regulator Yang Rusak

Cara Mengatur Spion Mobil yang Benar

Mengatasi Mobil Mogok Karena Kehabisan Bensin